Wednesday, March 13, 2013

IMF: peta ekonomi global alami perubahan mendasar

Washington (ANTARA News) - Dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi negara berkembang dan negara maju, dunia telah menjadi lebih saling terkait dan peta ekonomi global sedang mengalami beberapa perubahan mendasar, Zhu Min, wakil direktur pelaksana Dana Moneter Internasional mengatakan Selasa.

Negara berkembang telah mencatat pertumbuhan lebih cepat daripada negara maju dalam beberapa tahun terakhir dan sekarang mencatat pangsa semakin lebih besar dari produksi ekonomi global, Zhu mengatakan pada sebuah acara yang diselenggarakan oleh Paul H. Nitze School of Advanced International Studies (SAIS) di bawah Johns Hopkins University di Washington.

Negara-negara berkembang juga membuat kontribusi yang semakin penting untuk pertumbuhan konsumsi dan perdagangan global, yang mendorong "perubahan gravitasi global," kata Zhu kepada sekelompok pakar, mahasiswa dan perwakilan media.

Namun, dibandingkan dengan Amerika Serikat, negara-negara berkembang seperti China masih mencatat pangsa yang sangat kecil dari transaksi keuangan global dalam hal aset dan kewajiban eksternal mereka dalam total volume global.

Negara maju seperti Amerika Serikat dapat memiliki efek "spillover" jauh lebih besar di seluruh dunia melalui hubungan keuangan, katanya.

Karena "hiper-konektivitas" dari pasar keuangan dan perdagangan dari negara yang berbeda, koordinasi global telah menjadi lebih penting daripada sebelumnya, kata Zhu seperti dilansir Xinhua.

13 Mar, 2013


-
Source: http://www.antaranews.com/berita/362960/imf-peta-ekonomi-global-alami-perubahan-mendasar
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment