Tuesday, March 12, 2013

Pemilu Venezuela mulai

Nicolas Maduro (REUTERS/Jorge Silva)

Saya bukan Chavez, tapi saya adalah anaknya dan semua dari kita adalah Chavez"

Berita Terkait

Video Terkait

Caracas (ANTARA News) - Venezuela memasuki pemilu menegangkan untuk menggantikan Hugo Chavez yang akan mempertarungkan pejabat Presiden Nicolas Maduro dan pemimpin oposisi Henrique Capriles.

Ribuan pendukung mendiang presiden membanjiri Dewan Pemilu Nasional begitu Maduro yang mengenakan jaket berwarnakan bendera nasional Venezuela resmi mendaftarkan pencalonannya.

"Saya bukan Chavez, tapi saya adalah anaknya dan semua dari kita adalah Chavez," umum dia, dalam upaya menggiring emosi massa sepeninggal mangkatnya sang mentor pekan lalu, seperti dikutip AFP.

Maduro juga bersumpah untuk memerangi kriminalitas yang menjadi keprihatinan utama rakyat negeri ini sehingga tingkat pembunuhan di Venezuela delapan kali lebih buruk dari rata-rata dunia.

Para pendukungnya berjanji setia pada Chavez. "Kita akan memilih Chavez dalam tubuh Maduro.  Kita akan melanjutkan langkahnya," kata Jesus Oliviertt,

 pensiunan berumur 60 tahun, kepada AFP.

Sementara Capriles yang merupkan gubernur berusia 40 tahun dan kalah dari Chavez dari Pemilu Oktober lalu, meminta pendukungnya tak turun ke jalan.

Sabtu pekan lalu diia memperingatkan Maduro; "Saya tak akan membiarkan Anda melenggang. Anda (terlebih dahulu) harus mengalahkan saya pada pemilu." 

Sabtu itu Capriles resmi mengumumkan pencalonannya pada Pemilu yang akan digelar 14 April nanti yang disebut para analis akan dimenangkan Maduro.

Luis Vicente Leon, Direktur lembaga poling Datanalisis, suasana berkabung atas kematian Chavez akan menguntungkan posisi Maduro, sementara pengamat politik Farith Fraija menyebut pemilu ini adalah pertarungan antara Capriles versus Chaves, bukan Capriles lawan Nicolas Maduro.

Chavez mengalahkan Capriles dengan selisih 11 persen pada Pemilu Oktober tahun lalu.

Survey terbaru lembaga poling Hinterlaces mengunggulkan Maduro dengan selisih 14 persen dari Capriles.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2013

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

12 Mar, 2013


-
Source: http://www.antaranews.com/berita/362790/pemilu-venezuela-mulai
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment