Thursday, March 14, 2013

Indonesia harapkan Xi Jinping pererat hubungan baik

Beijing (ANTARA News) - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan berharap Presiden baru China Xi Jinping dapat makin mempererat hubungan Indonesia dan China didasarkan saling menghormati dan menguntungkan kedua pihak.

"Pertama, atas nama Pemerintah Indonesia, kami menyampaikan selamat kepada Xi Jinping yang telah ditetapkan sebagai Presiden baru China. Diharapkan dengan wawasan internasional yang luas, pengalaman yang matang, rendah hati diharapkan Xi Jinping dapat makin mempererat hubungan antara Indonesia dan China," kata Dubes Imron, saat dihubungi ANTARA News di Beijing, Kamis.

Imron menambahkan dengan sifat merakyatnya yang dalam, Xi Jinping juga dapat membangun China menjadi lebih baik. Karena China yang stabil, dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat, juga akan memberikan kontribusi positif bagi kawasan, khususnya Indonesia.

Indonesia dan China telah sepakat untuk menjalin kemitraan strategis pada April 2005 dan ditindaklanjuti dengan berbagai kesepakatan kerja sama di berbagai bidang. Ini menunjukkan kedua negara besar di kawasan masing-masing telah sepakat untuk terus bekerja sama, mempererat dan memperluas hubungan baik di masa mendatang.

"Diharapkan di bawah kepemimpinan China yang baru hubungan kedua negara dapat semakin ditingkatkan," ujar Imron.

China telah menjadi mitra dagang terbesar bagi Indonesia, dengan besar perdagangan kedua negara pada 2012 sebesar 66,2 miliar dolar AS atau lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 62 miliar dolar AS.

Sementara itu investasi China di Indonesia pada tahun sebelumnya telah mencapai 2,2 miliar dolar AS, masih berada di bawah Jepang, Korea Selatan, Singapura, Amerika Serikat dan Jerman.

Kongres ke-12 Rakyat Nasional China pada Kamis menetapkan presiden dan wakil presiden baru untuk masa pemerintahan kedepan. Kongres Rakyat Nasional China yang digelar di Balai Agung Rakyat, menetapkan Xi Jinping sebagai presiden baru China dan Li Yuanchao sebagai Wakil Presiden China yang baru.

Kongres juga menetapkan Xi Jinping sebagai Ketua Komisi Militer Pusat China.

14 Mar, 2013


-
Source: http://www.antaranews.com/berita/363199/indonesia-harapkan-xi-jinping-pererat-hubungan-baik
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment