Thursday, March 14, 2013

China segera tetapkan presiden baru

Beijing (ANTARA News) - Kongres Legislatif China, Kamis pagi, akan segera menetapkan presiden baru untuk masa pemerintahan lima tahun ke depan.

Parlemen China akan menunjuk Xi Jinping sebagai pemimpin baru Negeri Panda itu, bersama Perdana Menteri Li Keqiang yang dijadwalkan terpilih pada Jumat (15/3).

Saat ini Xi telah menjadi kepala badan tertinggi militer China dan Ketua Komisi Militer Pusat.

Pada November silam, Xi telah dipilih sebagai sekretaris jenderal Partai Komunis China, partai yang berkuasa di China, dan bersama lima koleganya dalam kepempimpinan partai, Xi mewakili generasi kelima.

Duet Xi dan Li Keqiang menghadapi tantangan berat mengingat China juga tidak terlepas dari krisis ekonomi global. Di dalam negeri duo calon pemimpin China juga menghadapi masalah yang tak kalah pelik yakni tingginya harga perumahan, pendidikan, layanan kesehatan, dan lingkungan hidup.

Dalam kongres legislatif China yang dimulai sejak Selasa (5/3) dibahas beberapa hal mengenai sejumlah isu tersebut, termasuk adanya perampingan kabinet dari 27 kementerian menjadi 25 kementerian, untuk menjamin efektifitas jalannya pemerintahan termasuk untuk menekan praktek korupsi.

Terkait itu, sejak terpilih sebagai orang nomor satu di Partai Komunis China, Xi telah berjanji untuk melestarikan supremasi partai, meningkatkan lapangan pekerjaan, menerapkan reformasi ekonomi, dan menindak tegas para koruptor.

14 Mar, 2013


-
Source: http://www.antaranews.com/berita/363169/china-segera-tetapkan-presiden-baru
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment