Saturday, March 16, 2013

China segera tetapkan kabinet baru

Di dalam negeri Xi juga menghadapi masalah tak kalah pelik yakni tingginya harga perumahan, pendidikan, layanan kesehatan dan lingkungan hidup.

Kongres legislatif China yang dimulai sejak Selasa lalu membahas sejumlah isu tersebut, termasuk perampingan kabinet dari 27 kementerian menjadi 25 kementerian, untuk menjamin efektifvitas jalannya pemerintahan termasuk untuk menekan korupsi.

Xi telah berjanji untuk melestarikan supremasi partai, meningkatkan mata pencaharian, menerapkan reformasi ekonomi dan menindak tegas koruptor.

Pengamat Huang Youyi mengatakan tantangan yang dihadapi Xi tidaklah kecil, seperti harus mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang positif ditengah krisis ekonomi global.

"China harus tetap menjadi kekuatan ekonomi dunia kedua terbesar di tengah krisis global. Selain itu, persoalan di dalam negeri, termasuk pemberantasan korupsi juga sangat penting," katanya.

Mengenai diplomasi intrenasional, pemerintaha baru China hendaknya  terus mengamankan dan menjaga kedaulatannya dengan cara damai.

"Stabilitas dan perdamaian di kawasan sangat penting untuk melakukan pembangunan nasional, tidak saja bagi China tetapi juga negara-negara lain di kawasan," katanya.

Pengamat dari Universitas Tshinghua Sun Zhe mengatakan pemerintahan baru menghadapi tantangan cukup berat, diantaranya harus mengelola segala persolaan dalam negeri yang dapat mengancam stabilitas.

16 Mar, 2013


-
Source: http://www.antaranews.com/berita/363555/china-segera-tetapkan-kabinet-baru
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment